Cara Memilih Niche Blog Untuk Adsense Approval


Niche Blog adalah identitas suatu blog, memilih niche yang bagus dan tepat sasaran adalah modal mendapatkan traffic pengunjung yang cukup signifikan, itu adalah menurut pandangan saya pribadi secara garis besarnya bermaksud agar mudah di mengerti dan di pahami.

Sebelum anda memulai membaca keseluruhan artikel ini, ada hal yang ingin saya sampaikan terlebih dahulu agar nantinya tidak salah kaprah dalam penafsirannya. Sesuai dengan judul artikel ini, maka yang akan dibahas dalam artikel ini adalah tips memilih niche untuk daftar adsense agar cepat diterima (belum menjadi penayang iklan) bukan tips memilih niche untuk mendapat penghasilan yang besar dari adsense (sudah menjadi publishernya adsense).

Kenapa saya beranggapan niche blog adalah sebuah identitas ? mari saya ajak anda bermain logika sejenak, Anggap saja saat ini anda sedang ingin mencoba membeli sesuatu barang secara online karena semakin maraknya situs jual beli online (online shop), beberapa website yang mungkin anda pikirkan pertama kali adalah Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Olx, Blibli, Matahari, JD.id, Zalora, dll atau mungkin juga website luar negeri seperti ebay.com dan amazon.com.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa anda tidak memikirkan website bmkg.go.id, mpr.go.id, atau polri.go.id pertama kali ? Mungkin anda sudah mulai memahami apa yang saya maksud, apabila belum maka akan saya coba jelaskan.

Jawabannya adalah karena website seperti Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Olx, Blibli, Matahari, JD.id, Zalora, ebay.com dan amazon.com berisikan konten seputar jual beli online ( Niche Bisnis ) dan sudah cukup familiar di dengarnya. Apabila kita kunjungi situs-situs tersebut, halaman website mereka langsung dapat menjelaskan kepada pengunjung bahwa mereka menyajikan sebuah website untuk beraktifitas jual beli online.

Baiklah mari kembali ke topik bahasan tentang cara memilih niche untuk daftar adsense.

Pemilihan niche merupakan salah satu dilema banyak orang di awal pembuatan blog, banyak sekali menghabiskan waktu, setelah menentukan pilihan malah bimbang apakah niche yang dipilih bisa sesuai seperti apa yang diharapkan. Setelah mendapatkan niche yang di rasa cocok kemudian mencoba mengaplikasikannya dengan menulis artikel, akhirnya timbul rasa jenuh, bosan, tidak yakin, pasrah, akhirnya blog di tinggalkan begitu saja.

But Wait ! seperti yang sudah saya garis bawahi diatas, disini kita berusaha mencari niche yang pas untuk mendaftar adsense, apabila anda sudah diterima menjadi penayang iklan adsense, anda bisa merubah niche blog kapan saja dan sesuka hati anda asalkan blog anda tetap dengan pedoman tidak melanggar kebijakan program google adsense.

Studi Kasus 1


Sebelum anda memilih atau menentukan suatu niche alangkah baiknya mengetahui jenis konten apa saja yang tidak boleh anda gunakan bersamaan dengan iklan dari google adsense. Berikut list konten yang dilarang adsense yang saya ambil dari halaman Support AdSense dan anda pun dapat mengunjunginya kapan saja untuk mendapatkan detail dan referensi lengkapnya.

1. Konten vulgar
2. Konten berbahaya atau penghinaan
3. Narkoba dan konten yang terkait dengan narkoba
4. Konten yang terkait dengan minuman beralkohol
5. Konten yang terkait dengan tembakau
6. Konten yang terkait dengan perawatan kesehatan
7. Konten hacking dan cracking
8. Halaman yang menawarkan program kompensasi
9. Konten yang menyesatkan
10. Konten seputar kekerasan
11. Konten yang terkait dengan senjata
12. Konten yang memungkinkan perilaku tidak jujur
13. Konten ilegal

Tips: Bagi anda yang datang kesini dengan pengalaman pengajuan adsense ditolak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba meninjau kembali apa yang sudah anda tulis, satu per satu setiap artikel pada blog anda. Kalau anda sudah terlanjur membuat banyak artikel dan anda rasa akan menghabiskan banyak waktu anda, anda dapat membuat blog baru dengan konten yang mengikuti kebijakan program adsense.

Studi Kasus 2


Memanfaatkan timbal balik antara konten positif dan negatif, saya ambil contoh dari list konten yang dilarang oleh google adsense yaitu no 7 Konten hacking dan cracking. Apabila anda sudah berkunjung ke halaman support adsense, anda mungkin sedikit lebih memahami lingkup jenis konten tersebut, bukan berarti konten tersebut tidak dapat dijadikan isi konten blog anda.

Kondisi: blog anda membahas tentang exploit wordpress, exploit joomla, exploit whmcs, exploit drupal atau dari CMS (Content Management System) lainnya dan bisa juga berisikan konten tutorial hack facebook, hack instagram atau social media yang lain. Saya sangat mengetahui kualitas blog atau website berisikan konten seperti ini dapat menerima traffic yang sangat bagus, tapi menurut saya itu jelas melanggar kebijakan adsense, jadi jangan harap bisa di daftarkan ke google adsense.

Tips: Sekarang logikanya adalah anda menulis tentang exploit atau celah kerentanan sebuah CMS pada website, bagaimana kalau anda mengganti isi artikel anda menjadi tutorial patch atau pencegahannya exploit-exploit tersebut, anda pun dapat membuat ebook lebih detailnya untuk anda bagikan, saya yakin anda sebagai seorang programmer yang handal pasti paham juga tentang cara menangani exploit tersebut. Hal ini bisa sangat berguna untuk para pengunjung blog atau website anda, siapa tahu ada pengunjung blog anda berasal dari sebuah perusahaan besar dan mereka ingin mengundang anda untuk datang ke kantor mereka dan mulai mengajak bekerja untuk perusahaan mereka. Anda dapat memberitahukan secara langsung kepada mereka tentang keahlian dan kualitas diri anda, mereka pun pasti sangat bangga dapat mempekerjakan seorang programmer yang ahli seperti anda.

Studi Kasus 3


Mungkin anda pernah menemui artikel pada sebuah website atau blog yang mengungkapkan bahwa blog dengan konten yang ditulis menggunakan bahasa inggris lebih cepat diterima ketimbang blog yang menggunakan bahasa indonesia. Saya pun meyakini hal tersebut karena blog yang saya daftarkan ke google adsense berbahasa inggris dan langsung diterima, tetapi perlu saya garis bawahi kembali bukan berarti blog berbahasa indonesia tidak dapat diterima.

Tips: Lantas apa hubungannya dengan niche blog ? variasi konten unik, anda dapat memilih niche lokal kemudian dituliskan ke dalam bahasa inggris. Contohnya blog anda membahas tentang wisata kuliner indonesia, review film atau musik indonesia, review tempat wisata indonesia, review trending di indonesia, tetapi semua nya dituliskan dalam bahasa inggris. Niche blog lokal ditulis menggunakan bahasa inggris bisa menjadi salah satu ide pengajuan adsense anda.

Kategori Niche


Di bawah ini saya akan coba membagi beberapa kategori niche berdasarkan riset saya sendiri dalam setiap percobaan pembuatan blog, dan sekali lagi ini adalah menurut saya pribadi sendiri. Anda mungkin saja menemukan pengalaman dan hasil yang berbeda pada situs website atau blog yang lainnya.

High Class Niche: Niche kelas atas ini banyak memiliki kompetitor (website/blog pesaing) sehingga banyak blog baru terindikasi rentan gagal, page rank pun terlihat labil dikarenakan banyaknya kompetitor yang berlomba-lomba dengan tehnik SEO masing-masing guna mendapatkan page rank terbaik. Anda harus benar-benar memikirkan cara paling jitu dalam memberikan konten yang dapat membuat pengunjung tetap datang ke blog anda apapun alasannya. Apabila sudah mendapatkan page rank terbaik dan pengunjung setia, blog dengan high class niche ini akan sulit tersaingi.

Low Class Niche: Niche kelas bawah ini sebenarnya juga banyak memiliki kompetitor tetapi tidak separah High Class Niche, variasi kueri pencarian oleh para pemburu informasi masih banyak yang dapat di manfaatkan untuk membuatnya tepat sasaran langsung menuju ke blog anda dengan optimasi meta tag. Itu apabila diukur dari para kompetitor alias sesama blogger yang memiliki niche low class yang sama dengan anda, bagaimana jika dari segi pengunjung ? konten low class niche tidak se populer high class niche, maka anda harus bekerja keras menginformasikan kepada orang lain bahwa konten blog anda juga dapat memberikan hal yang positif dan berguna dengan cara sering share melalui akun media sosial.

Adwords dapat membatu menemukan ide niche utama untuk anda, apabila anda mengikuti artikel sebelumnya pastinya sekarang anda sudah mempunyai akun Adwords. Anda tinggal login saja kemudian gunakanlah tools bernama keyword planner.
Disana terdapat list kategori yang bisa dijadikan niche blog, jika anda klik satu persatu akan menghasilkan sub directory di setiap pilihannya.

Karena selama ini saya bekerja di dunia hosting dan domain maka saya mencoba mengambil niche Internet & Telekomunikasi untuk blog yang saya buat kemarin http://hostnix.blogspot.com. Tentunya niche tersebut saya sesuaikan dengan nama blog saya agar terlihat lebih relevan. Sepertinya akan terlihat aneh misalnya saja saya membuat blog bernama http://hostnix.blogspot.com tetapi isi kontennya tentang cara membuat kue donat yang empuk, cara membuat bandeng presto, cara bikin nasi uduk yang enak, cara bikin bakwan gurih atau cara membuat tumis kangkung oseng-oseng balado. Mungkin saja anda tertarik membuat blog seperti itu, siapa tahu bisa populer dan jadi trending topik di indonesia.
Berawal dari sini, nantinya saya dapat membuat blog dengan artikel seputar yang telah saya beri tanda warna kuning.

Saya sangat menyarankan kepada anda untuk menggunakan satu niche saja pada blog yang akan di daftarkan ke google adsense, karena anda akan lebih fokus terhadap konten yang akan anda buat. Berikut saya berikan lagi niche Otomotif sebagai contohnya.

- OTOMOTIF
-- Mobil
--- Blog membahas tentang harga mobil
---- Harga mobil baru
---- Harga mobil bekas
---- Harga mobil kredit
--- Blog membahas tentang spesifikasi mobil
--- Blog membahas tentang service ringan mobil
---- Service ringan mesin mobil
---- Service ringan body mobil
--- Blog membahas tentang mobil antik
--- Blog membahas tentang modifikasi mobil
-- Motor
--- Blog membahas tentang harga motor
---- Harga motor baru
---- Harga motor bekas
---- Harga motor kredit
--- Blog membahas tentang spesifikasi motor
--- Blog membahas tentang service ringan motor
---- Service ringan mesin motor
---- Service ringan body motor
--- Blog membahas tentang motor antik
--- Blog membahas tentang modifikasi motor

Misalnya saja anda memilih motor dari niche otomotif, anda cukup menuliskan hal-hal yang berkaitan tentang motor saja. Jelas ini lebih membuat anda santai dalam mencari referensi tentang apa yang ingin anda tuliskan, karena pikiran anda tidak terpecah belah memikirkan apa yang harus ditulis sekarang, apa yang harus ditulis besok atau lusa, karena semua masih seputar tentang motor. Dengan begitu blog anda akan lebih mudah di identifikasi oleh robot google dalam setiap penelusuran, Adsense pun nantinya menggunakan robot mediapartner untuk mengidentifikasikan blog anda sudah memenuhi syarat menayangkan iklan mereka atau belum.

Memilih niche untuk mendaftar adsense lebih sulit daripada memilih niche yang ditujukan untuk meningkatkan traffic, karena calon publisher benar-benar dituntut memiliki situs yang unik dan memiliki keunggulan tersendiri untuk menarik pengunjung datang ke situs calon penayang iklan.

Link Terkait :
- Hal Dasar Sebelum Daftar Google Adsense
- Google Apps Pendukung Daftar Adsense Agar Cepat Di Terima

Cukup Sekian & Semoga Bermanfaat..

Related Post

Comments

0 comments